Jumat, 01 Maret 2013

Wadai-wadai Banjar

Wadai adalah bahasa Banjar yang berarti kue. Bisa diartikan pasar wadai adalah pasar yang menjual penganan khas seperti kue dan masakan khas Banjar lainnya. Ada lontong, lapat, nasi kuning masak habang, de el el (emakkkk.. pengen pulang T_T)


1. Amparan Tatak






Ini adalah my favorite cake,.. Rasanya manis dan ketika dikunyah tepung berasnya nendang banget di lidah. Hehe.. Kalo Anda sempat berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa dengan Si Putih ini yaa.. Tapi, ga tau mesti nyari ke mana kalo di luar Ramadhan. Oh ya, untuk kisaran harga Rp 7.000,- perpotong seperti yang ada di piring ini (kalo ga salah)

2. Cincin





Kenapa disebut cincin? Yup, karena wadai bundar ini punya 4 lubang di permukaan sisinya. Warnanya biasanya coklat, campuran dari gula habang (red.gula aren) dan tepung sagu. Rasanya, hmmm… Manis sesuai dengan warnya. Anak kecil biasanya suka sama kue imut ini. Harganya? Ya, kecil lah.. Paling seribu rupiah buat mencicipi satu aja.

3. Bingka





Nah, ini nih primadonanya Banjar. Ga usah ditanya lagi dah. Ada yang dimasak dengan dipanggang, jadinya bingka panggang. Kalo dikukus, jadinya bingka berandam (red. menyelam). Favorit saya Si Manis Bingka Kentang. Harganya lumayan lah. Rp 40.000,00 seloyang (udah yang paling mahal).

4. Lupis




Wadai hijau ini terbuat dari ketan. Biasanya dimakan dengan parutan kelapa muda dan siraman gula habang. Orang Banjar memang suka sekali dengan gula Habang (gula aren).Lupis ini pas sekali dimakan saat berbuka puasa. Sambil ditemani secangkir the hangat, maknyoss..

5. Putri Selat




Saya agak lupa lapisannya terbuat dari apa saja. Yang penting kue putri selat terdiri dari 3 lapisan warna, hijau, cokelat dan putih, mungkin karena itulah disebut selat. Ada lapisan dari ketan dan tepung beras. Dijual sama seperti amparan tatak, perpotong. Rasanya, sudah saya bilang dari awal, pasti manis :)

6. Kakicak




Wadai dari gumbili (singkong) ini bentuknya memang kecil, tapi..hmmm.. Gumbili parut yang sudah dikukus kemudian dibentuk bulatan2 kecil lalu dibalur dengan kelapa muda dan air gula habang. Tepat sebagai teman Anda menikmati sore di beranda rumah sambil membaca buku.

7. Lempeng

 



Kue tradisional Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel) banyak ragamnya. Kue seperti bingka, amparan tatak, kararaban, patah dan kakicak akan banyak dijumpai saat bulan Ramadhan ini. Nah, ada satu kue yang tak kalah terkenalnya.
Apakah itu? Kue ini namanya lempeng. Penganan asli dari resep leluhur ini sudah mulai jarang ditemukan. Mungkin hanya kalangan tua yang kenal.

8. Pais



Kue Pais Pisang juga dikenal dengan nama Nagasari atau Nogosari di jawa. Resepnya ada yang pakai tepung sagu dan tepung beras, ada juga yang pake tepung beras aja.

9.Hintalu Karuang

 

 10. Apam Barabai






n/b: Nyaman banar dalam Bahasa Banjar artinya Sangat Enak